Tips Bekerja Secara Hybrid

Tips Bekerja Secara Hybrid

Semenjak pandemi Covid-19 melanda, banyak hal yang  telah berubah. Salah satunya adalah lingkungan kerja. Sudah hampir dua tahun kantor-kantor memutuskan karyawannya untuk bekerja dari rumah, dan tidak sedikit pula yang sudah kembali bekerja langsung di kantor.  Bahkan, ada pula kantor yang menerapkan dua pilihan dalam bekerja, dari rumah ataupun langsung di kantor, hal ini dinamakan hybrid workplace.

Keputusan untuk bekerja secara hybrid memiliki tantangan tersendiri, dimana produktivitas dan momentum perlu dipertahankan dalam kondisi yang berbeda. Untuk itu, mari kita bahas apa saja tips bekerja secara hybrid agar kamu tetap terorganisir dan produktif.

1. Replikasi kantor Anda dirumah

Bekerja memerlukan lingkungan yang nyaman dan mendukung. Seringkali ketika kita bekerja dari rumah, rasa malas melanda karena lingkungan sekitar tidak mendukung untuk bekerja secara produktif. Maka dari itu, pengaturan tata ruang dan lingkungan menjadi sangat penting.

Misalnya ketika Anda menempatkan buku catatan penting disebelah kanan Anda, maka lakukan hal yang sama di rumah. Apabila di kantor Anda menempatkan minuman dan camilan diatas meja Anda, maka Anda perlu meletakan beberapa cemilan pula diatas meja kerja Anda. Detail kecil seperti diatas cukup membantu Anda untuk tetap produktif.

Hal ini juga menghindari perbedaan signifikan ketika Anda bekerja dari kantor dan dari rumah yang dapat berdampak kepada psikologis Anda.

2. Lengkapi peralatan digital

Peralatan di rumah tentunya tidak selengkap peralatan di kantor, yang mana hal ini terkadang membuat kita lebih sulit karena tidak adanya perangkat yang menunjang secara maksimal. Sisihkan lah sedikit uang Anda untuk membeli beberapa alat digital yang sekiranya dapat menopang kinerja Anda. Contohnya adalah mouse, atau eksternal keyboard. Dengan adanya dua alat tersebut, membuat Anda lebih nyaman dan bekerja jadi lebih cepat. 

3. Cobalah untuk beralih ke file digital

Beberapa lingkungan kerja masih banyak yang menyimpan data dalam bentuk lembaran kertas. Hal ini tentunya mempersulit kinerja seseorang. Ketika file berbentuk lembaran dalam jumlah yang banyak, akan sangat repot apabila membawa semuanya. Berbeda halnya apabila data disimpan dalam file, Anda hanya perlu menyediakan ruang penyimpanan dan meng-copy nya. Ketika Anda membutuhkan satu file, Anda hanya perlu tekan find dan secara cepat file akan terbuka. 

Kelebihan file digital lainnya adalah mudah diakses dan juga mudah dibagikan dimanapun dan kapanpun Anda bekerja.

4. Buatlah time blocks agar harimu lebih tertata

Saat ini hampir semua orang memakai Google Workspace, dan kabar baiknya adalah Google Workspace menyediakan kalender digital yang dapat membantu Anda mengatur jadwalmu. Dengan begitu Anda tidak lagi kebingungan terkait waktu, karena dapat dengan mudah menatanya. Tidak hanya Anda yang diuntungkan dari fitur ini, orang lain juga bisa melihat kegiatanmu, sehingga apabila mereka ingin melakukan diskusi, mengajak meeting, atau bekerjasama dengan Anda, tidak akan terjadi tumpang tindih slot waktu yang ada.

5. Tetap terhubung dengan rekan lainnya

Seringkali bekerja dari rumah membuat kita bosan dan ketinggalan beberapa informasi penting. Untuk menghindari hal tersebut, Anda perlu tetap terhubung dengan rekan-rekan kerja Anda. Selain akan meningkatkan hubungan sosial, juga menjaga kinerja Anda agar tidak menurun. Saling menyemangati bisa menjadi mood booster juga.

6. Usahakan rapat tidak dalam waktu yang lama

Rapat biasanya akan efektif dalam kurun waktu 30-45 menit, yang mana apabila lebih dari waktu tersebut biasanya pembahasan akan semakin melebar dan fokus akan sangat banyak berkurang. Untuk itu, apabila Anda seorang manajer, Anda perlu mengatur waktu 30 menit untuk pembahasan, dan 15 menit tanya jawab disertai sedikit sensasi humor. Hal ini akan meningkatkan efektifitas rapat Anda, yang berdampak kepada penyerapan informasi yang maksimal.

 

Itulah beberapa tips bekerja secara hybrid, kondisi berubah tidak lantas menurunkan semangat kerja Anda, bukan?

Lengkapi Peralatan Kerjamu Disini

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published.