Chromebook, Laptop Masa Depan Pesaing Laptop Windows

Chromebook, Laptop Masa Depan Pesaing Laptop Windows

Chromebook pertama kali diluncurkan di pasar oleh Google pada tahun 2011. Chromebook telah secara efektif memperluas industri komputer portabel dan menguntungkan pelanggan di berbagai sektor sejak diperkenalkan ke publik. Chromebook dan laptop biasa ini memiliki fitur dan spesifikasi yang berbeda, namun menargetkan audiens yang sama. Memilih laptop yang tepat cukup sulit bagi orang yang tidak berpengalaman dengan spesifikasinya. Banyak pengguna yang memiliki sedikit pengetahuan tentang apa itu Chromebook, sehingga membuat keputusan untuk memilih antara Chromebook dan laptop Windows standar menjadi lebih membingungkan.

Perbedaan antara Chromebook dan Laptop Biasa

Chromebook dan laptop Windows biasa mungkin tampak identik bagi orang awam. Bagaimanapun, Chromebook adalah laptop yang menjalankan sistem operasi yang berbeda dari laptop tradisional. Keduanya adalah personal laptop dengan keyboard, kamera, layar terintegrasi, dan trackpad. Banyak Chromebook, seperti laptop pada umumnya bersifat clamshell ataupun convertible, dengan layar sentuh dan desain 2-in-1.

Chromebook adalah laptop yang menjalankan sistem operasi “Chrome OS” Google, bukan Windows atau Mac OS. Laptop Chromebook ini harus tersambung ke internet, karena sebagian besar programnya cloud-base dan memerlukan jaringan internet untuk menjalankan aplikasi web dan menyimpan data. Laptop ini juga dikenal publik sebagai Komputer Chrome.

 

Laptop tradisional dan Chromebook memiliki sistem operasi yang cukup berbeda, dan dalam hal daya, laptop biasa memiliki argumen yang kuat dalam hal prosesor. Laptop biasa sering kali ditenagai oleh mikroprosesor yang lebih kuat – biasanya dari Intel atau AMD – dan grafis terintegrasi atau diskrit yang lebih kuat. Chromebook seringkali memiliki CPU dan grafis berperforma lebih rendah di bagian dalamnya, namun beberapa Chromebook premium beroperasi pada prosesor Intel Core.

Laptop Windows umumnya juga memiliki banyak penyimpanan, penyimpanan terendahnya sebesar 128GB – karena program dan data memakan lebih banyak ruang. Sebaliknya, Chromebook memiliki penyimpanan yang lebih sedikit sekitar 16GB. Ini karena Chrome OS, dan aplikasinya, tidak menggunakan penyimpanan lebih dari Windows dan dirancang untuk menyimpan data Anda di Cloud.

Spesifikasi Chromebook

Google Chrome OS menggunakan kernel Linux dan browser web Google Chrome dengan pemutar media terintegrasi. Kernel Linux mengaktifkan mode pengembang yang memungkinkan pemasangan distribusi Linux di Chromebook.

Chromebook, seperti laptop tradisional, hadir dalam berbagai versi dengan berbagai kemampuan, spesifikasi perangkat keras, dan tampilan yang lebih ramping. Laptop ini tersedia dalam berbagai ukuran mulai dari 11 hingga 15 inci (39cm).

Chromebook juga memiliki dukungan bawaan untuk perangkat USB seperti kamera, keyboard eksternal, layar eksternal, dan flash drive, menggunakan fitur yang mirip dengan plug-and-play di sistem operasi lain. Resolusi laptop ini  juga bervariasi, dengan versi termurah yang mendukung tampilan 1366 x 768-piksel dan yang paling mahal dapat menyaingi laptop Windows terbaik dengan tampilan 3200-1800 piksel.

Simpulan

Chromebook dibanderol dengan harga cukup terjangkau dan memiliki kinerja yang baik, serta penambahan aplikasi Android memperluas kemampuan perangkat ini. Chromebook sangat bermanfaat terutama bagi anak-anak karena mudah digunakan dan aman. Pembaharuan dapat dilakukan dengan sangat mudah, karena Chromebook dapat melakukannya secara otomatis. . Chromebook adalah pilihan yang cocok untuk Anda yang  menghabiskan sebagian besar waktu di browser Chrome.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published.